Contoh Makalah Interaksi Sosial

Info loker kerja berbagi info tentang pendidikan lewat artikel sebuah jenis makalah menarik yakni dengan tema Contoh Makalah Interaksi Sosial. Disaping itu admin sertakan model Contoh Penulisan Makalah. Makalah Interaksi Sosial ini merupakan sebuah makalah yang sering kali dikerjakan ataupun disusun oleh mahasiswa Fakultas Ilmu Pengetahuan Sosial, untuk detailnya langsung saja disimak mengenai contoh makalah interaksi sosial ini,


KATA PENGANTAR

Puji dan syukur kepada Allah swt, yang membuat saya menyelesaikan penulisan sebuah makalah berjudul "Interaksi Sosial", untuk melengkapi tugas dari mata kuliah Ilmu Sosial.

Saya juga sangat menyadari, bahwa makalah interaksi sosial ini masih ada kekurangan-kekurangan dalam penyusunan makalah ini, karena itu semua adalah akibat dari kurangnya pengetahuan yang saya miliki serta keterbatasan bahan bacaan di perpustakaan, walau saya sudah berusaha semaksimal mungkin untuk menyempurnakan penulisan makalah interaksi sosial ini, tetapi masih terdapat juga kejanggalan-kejanggalan, baik berupa penyusunan kata-kata yang kurang baik atau penyusunan kalimat-kalimat yang tidak teratur.

Maka dari itulah, saya sangat berharap kritik dan saran untuk makalah interaksi sosial ini dari Bapak Dosen selaku pembimbing mata kuliah ini, agar kekurangan-kekurangan kali ini dapat sempurna pada masa yang akan datang.

1. SOSIAL DAN BUDAYA

A. SOSIAL

Definisi sosial adalah kehidupan dan pergaulan seseorang dalam bermasyarakat dengan orang sekitar, baik itu dengan masyarakat tentangganya atau masyarakat yang ada dalam satu desa, kecamatan, atau kabupaten.

Kegiatan sosial dalam bermasyarakat seperti mengunjungi orang sakit, orang meninggal, undangan, walimah, dan lain-lain itulah wujud dari rasa sosial yang ada dalam tatanan masyarakat. Sebab, rasa sosial itulah yang menjadi pengikat antara satu individu dengan individu yang lain. Rasa sosial adalah ikatan yang sangat kuat yang hampir menyamai tali persaudaraan.
B. Budaya

Definisi budaya adalah cara atau metode dan proses sosial yang terjadi di suatu daerah atau negara, ketika daerah atau negara tersebut telah menganut ajaran atau tradisi tersebut dari nenek moyang mereka, dan melanjutkan ajaran atau tradisi itulah yang dinamakan dengan budaya, karena budaya itu berbeda antara satu sama lain, berbeda daerah akan menyebabkan perbedaan budaya.

Manusia diciptakan di dunia ini untuk saling kenal mengenal antara satu sama lain, baik itu dalam wilayah yang mudah dijangkau ataupun wilayah yang jauh, karena dengan berbagai macam kecanggihan tekhnologi seperti saat ini, tak ada tempat yang menjadi jauh. Sebab, bisa dijelajahi dengan bermacam-macam alat yang sudah ada.

Manusia dalam menjalani kehidupannya sehari-hari tentu sangat banyak bergaul dengan orang lain apakah itu dalam konteks belajar, mengajar, tanya jawab, konsultasi dan transaksi, semua itu butuh yang nama komunikasi dan interkasi, interaksi ini terbagi kepada beberapa macam: ada interaksi bidang sosial, bidang bisnis, bidang belajar/mengajar dan bidang lain-lain, sebab interaksi itu sangat banyak jenisnya.

Dalam menjalani kehidupan sehari-hari selalu terjadi komunikasi antara satu individu dengan individu yang lain, komunikasi merupakan awal dari terjadinya hubungan sosial antara satu rumah dengan rumah yang lain, satu desa dengan desa yang lain dan satu bangsa dengan bangsa yang lain.

Setelah adanya hubungan satu individu dengan individu yang lain, maka di situlah awal mula terjadinya rasa sosial dalam masyarakat dan rasa sosial ini akan mengikat dua individu tersebut kedalam berbagai hal, apakah itu dalam bentuk pertemuan secara kebetulan atau pertemuan rutin yang diadakan dalam jangka waktu perminggu atau per bulan.

Sosial ini bersifat sangat kental sekali, sebab hubungan sosial terjadi setelah saling kenal mengenal serta tahu adat istiadat masing-masing, mungkin kecocokan satu sama lain itulah yang menjadikan rasa sosial tidak mudah luntur dalam berbagai hal.

3. INTERAKSI SOSIAL

Pengertian interaksi sosial yang dipaparkan dalam makalah interaksi sosial ini adalah: hubungan timbal balik yang terjadi antara satu individu atau kelompok dengan individu atau kelompok yang lain untuk saling mempengaruhi satu sama lain, sehingga dengan adanya kejadian itu akan saling bertukar pendapat, mempererat hubungan dan rasa sosial, sehingga lambat laun dengan berbagai pendekatan dan yang tertrukrisasi akan melahirkan hubungan sosial yang erat dan terikat.

Interkasi sosial ini akan terus berlanjut keberbagai hal yang lain yang pada intinya akan mengupas semua bentuk sosial yang ada antara satu individu/kelompok dengan individu/kelompok yang lain, sehingga dua individu/kelompok itu akan jadi seperti individu/kelompok yang satu yang tidak dibedakan oleh negara, ras, ekonomi dan budaya.

4. BENTUK-BENTUK INTERAKSI SOSIAL

Interaksi sosial ini ada terbagi kepada beberapa macam :

Kerjasama

Antara satu individu/kelompok dengan individu/kelompok yang lain, sehingga akan menghasilkan satu karya yang bagus, dan karya itu mengatasnamakan satu individu/kelompok bukan dua individu/kelompok lagi.

Berdekatan

Yaitu individu/kelompok yang tinggal berdekatan dan berbeda budaya atau pandangan hidup berusaha untuk saling mengenal satau sama lain, sehingga lama-lama akan saling kenal dan menjalin hubungan kearah yang lebih baik sehingga perbedaan yang ada akan menjadi luntur dan hilang. Ini terjadi saat kedua individu/kelompok ini saling meneriman budaya kedua dan saling termotivasi untuk mengenal budaya individu/kelompok yang lain. Interaksi ini akan memberikan hasil nilai positif bagi kedua individu/kelompok atau dengan kata lain akan menghasilkan nilai-nilai yang baik.

Persaingan

Posisi ketika kedua individu/kelompok akan saling berpegang dengan budaya dan prinsip masing-masing, sehingga nantinya akan menyebabkan hubungan yang dekat menjadi jauh, yang akur menjadi luntur, ketika kedua individu/kelompok tersebut tak ada yang mengalah dan tidak ada yang meu menerima pendapat dan budaya yang lain.

Konflik

Antara satu individu/kelompok dengan individu/kelompok yang lain akan menyebabkan asal mula hancurnya sebuah ikatan, baik itu kekerabatan, persaudaraan dan hubungan bilateral antara dua negara. Konflik yang kecil akan dibesar-besarkan sehinga menjadi satu permusuhan dan berakhir dengan peperangan, inilah dua prinsip interaksi yang berakhir dengan nilai negatif antara kedua belah pihak.

5. SYARAT-SYARAT TERJADINYA INTERAKSI SOSIAL

Interaksi sosial dalam makalah interaksi sosial memaparkan jika akan terjadi bila ada kontak atau hubungan antara kedua belah dengan berbagai macam hal yang ingin dibicarakan. Sehingga, dengan adanya hubungan itu akan saling mengenal antara satu sama laindengan berlanjut kepada tingkatan yang lebih jauh.

Komunikasi yang lancar juga akan menjadi salah satu penyebab terjadinya interaksi sosial yang berkelanjutan, apakah itu dibidang bisnis, profesi dan lain-lain, sebab interaksi itu tidak bisa lepas dari kedekatan antara kedua individu tersebut dalam bidang yang sama atau profesi yang hampir sama.

6. CIRI-CIRI INTERAKSI SOSIAL

Interaksi sosial itu baru ada jika ada komunikasi yang jelas antara satu individu dangan individu yang lain, dan keduanya juga punyak maksud yang jelas dalam bidang atau hal-hal tertentu. Sehingga dengan adanya komunikasi akan terjadi kontak yang berkelanjutan dengan pola dan tersistem yang baik. Pola dan sistem inilah yang selanjutnya akan mengatur interaksi sosial secara berkelanjutan.

7. TUJUAN INTERAKSI SOSIAL

Tujuan dari interkasi sosial yang dipaparkan dalam makalah interaksi sosial ini adalah menjalin hubungan antara individu atau kelompok dengan individu atau kelompok yang baru, mempererat hubungan antara individu atau kelompok dengan individu atau kelompok yang sudah terjalin selama ini dan menjaga keberlangsungan hubungan itu secara terus menerus dan bersama-sama.

Hubungan secara sosial akan senantiasa terjalin jika adanya ikatan dalam berbagai hal yang dilakukan secara bersama-sama apakah itu dalam hal sosial, bisnis, politik, dan lain sebagainya. Sebab, seseorang baru mau bekerjasama dengan orang lain jika dia sudah tahu status sosial antara keduanya, sebab status sosial sangat menjamin keberlangsungan hubungan secara terus menerus.

8. PENUTUP

Demikianlah makalah interaksi sosial yang dapat saya paparkan, semoga ini akan memberi manfaat kepada yang membacanya, walau pun masih banyak kekurangan baik dalam pemaparan materi ataupun isi yang dibahaskan, karena kekurangan itu hanya bisa diperbaiki melalui saran dan kritikan dari pembaca sekalian. Tak ada suatu yang berhasil dengan sempurna tanpa ada kesalahan dan kekurangan sebelumnya. Amin
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top