Contoh Jenis Surat

Beberapa jenis dan contoh surat yang tersedia melalui loker kerja. Anda tentu pernah menulis sebuah surat atau melihat berbagai contoh surat, bukan? Macam-macam contoh jenis surat seperti  pada contoh surat dinas, Surat Lamaran Kerja, surat niaga, surat kontrak kerja, Surat Penawaran, Surat pengajuan beasiswa, surat pernyataan mempunyai kegunaan yang tak sama. Beda surat tentu saja beda fungsi.

Seperti telah diketahui bahwa Surat adalah alat komunikasi yang dibuat secara tertulis untuk menyampaikan atau memberitahukan berita/informasi dari seseorang atau lembaga (instansi) kepada seseorang atau lembaga yang dituju dengan mengikuti aturan dan bentuk serta kriteria tertentu. Ketika menulis macam-macam surat, harus menggunakan bahasa yang sesuai dengan etika, estetika, serta logika. Isi surat pun harus padat, jelas, dan menarik. Selanjutnya isi surat pun harus dapat mewakili isi dan tujuan surat. Berikut beberapa dari Contoh-contoh surat yang umum digunakan


Contoh Surat Kontrak Kerja

Anda mau tahu bagaimana bentuk surat kontrak kerja dari contoh kontrak kerja karyawan? Anda bisa melihatnya dalam contoh kontrak kerja karyawan sebagai berikut ini:

Yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama : Sudiro Zedro

Alamat : Jl. Baru Kemaren No 12

Jabatan : HRD Manager PT. Titik Klimaxs

Dan Dalam hal ini bertindak sealaku dan atas nama PT. Titik Klimaxs, yang beralamat di Jl. Goreng Bawang No. 45 dengan jenis usaha Perdagangan Bawang Putih yang selanjutkan di sebut sebagai pihak pertama.

Nama : Harahap Sutejo

Jenis Kelamin : Laki-laki

Tempat & Tgl lahir : Afrika, 15 Januari 1983

Umur : 28 Tahun

Agama : Islam

Pendidikan terakhir : S1 Teknik Industri

Alamat : Jl. Kalibau III

No.KTP : 0215868935448

Telepon, HP, e-mail : sutejo_gaul@yahoo.com

Status Perkawinan : Duda mati

Dalam hal ini bertindak atas nama diri sendiri, dan selanjutnya disebut sebagai Pihak Kedua (karyawan).

Kedua belah pihak sepakat untuk membuat perjanjian kerja dengan ketentuan dan syarat-syarat sebagai berikut:

Pasal 1

Pihak Pertama dengan ini menyatakan menerima Pihak Kedua sebagai karyawan/pekerja perusahaan PT. Titil Limaxs, yang Beralamat di Jl. Baru Kemaren No. 12, Dan menjabat sebagai Kabag Gudang, dan Pihak kedua dengan ini menyatakan bersedia menjadi karyawan Pihak Pertama Sebagai Kabag Gudang.

Pasal 2

Masa Percobaan ditetapkan selama 3 bulan dihitung sejak tanggal masuk diterima bekerja (perjanjian kerja waktu tertentu tidak boleh disyaratkan dalam masa percobaan), yakni sejak tanggal 12 Juni 2011. Dengan Upah yang diberikan secara (bulanan, harian, mingguan), besarnya upah pokok Rp 1.500.000,- dengan waktu kerja sehari selama 8 jam, atau 48 jam seminggu.

Pasal 3

Tunjangan-tunjangan di luar upah adalah:

Tunjangan makan : Rp. 5000, untuk 1 hari kerja

Tunjangan transport : Rp. 3000, untuk 1 hari kerja

Lembur Libur : Rp, 7000, untuk 1 hari kerja

Lembur Tambah waktu kerja : Rp. 10.000, untuk 1 hari kerja

Bonus : Kebijakan kantor

Pasal 4

Apabila Perusahaan atau Pekerja mengakhiri perjanjian kerja untuk waktu tertentu sebelum waktunya berakhir, maka pihak yang mengakhiri perjanjian kerja tersebut wajib membayar ganti rugi kepada pihak lainnya sebesar sisa upah pekerja sampai waktu atau pekerjaan seharusnya selesai, kecuali apabila putusnya hubungan kerja karena alasan memaksa/kesalahan berat pekerja.

Pasal 5

Pihak Pertama dan Kedua bersedia mentaati isi peraturan perusahaan, dan pihak kedua akan patuh pada tata tertib perusahaan.

Pasal 6

Hal-hal yang belum diatur dalam perjanjian kerja ini, berlaku ketentuan isi KKB dan/atau peraturan perusahaan (jika perusahaan belum memiliki KKB atau peraturan perusahaan, perjanjian kerja ini dibuat lebih rinci lagi dengan mengacu pada pedoman pembuatan peraturan perusahaan)

Pasal 7

Segala perselisihan yang timbul akibat perjanjian kerja ini akan diselesaikan secara musyawarah dan mufakat, dan apabila tidak dapat diselesaikan para pihak akan menyelesaikannya melalui Kantor Kepaniteraan Pengadilan Negeri Sriwijaya.

Demikian Surat Perjanjian Kerja ini dibuat, setelah para pihak membaca dan memahami isinya kemudian dengan sukarela tanpa paksaan atau tekanan dari siapapun bersama-sama menandatanganinya diatas kertas bermaterai yang berlaku.

Surakarta 10 Juni 2011

Pihak Pertama Pihak kedua

Manajer PT. Titik Klimaks



Sudiro Zedro Harahap Sutejo



Contoh Surat Dinas


Medan, 03 Maret 2012

N0 : 20/SMM/KL/2012

Lampiran : 2 (dua) Lembar

Kepada Yth,

Kepala Madrasah Tsanawiyah Muallimin UNIVA
Jl. SM. Raja KM, 5.5

Medan-Sumut

Hal: Tindak Lanjut Workshop

Assalamu’alaikum Wr. Wb

Menindaklanjuti pembicaraan dengan Kepala Madrasah Tsanawiyah Muallimin UNIVA beberapa waktu lalu mengenai gagasan pelatihan menulis Cerita Pendek (Cerpen), maka dengan surat ini kami mengajukan permintaan tidak lanjut Workshop bersama tersebut. Adapun rencana jumlah peserta yang siap kami latih berjumlah 10 orang, dengan materi dasar penulisan Cerpen yang bertempat di Sekretariat Sekolah Menulis Medan.

Untuk itu, kami mohon konfirmasi lebih lanjut mengenai total biaya serta teknis pelaksanaan pelatihan menulis cerpen yang diadakan. Informasi lebih lanjut kami lampirkan dalam proposal pengajuan pelatihan Konfirmasi dari Kepala Madrasah Tsanawiyah Muallimi Medan sangat kami harapkan.

Atas perhatiannya kamu ucapkan terima kasih.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.Koor.

Pelatihan dan Pengembangan Minat Bakat

Sekolah Menulis Medan

Heru Syahputra

Tembusan:

Direktur Utama (sebagai laporan)


Contoh Surat Penawaran Jasa

Bandung, Senin 3 mei 2007
No : 4G/014/07
Hal : Penawaran
Lampiran : 1 (Satu) Proposal



Kepada Yth.
CEO/Dirut PT

Dengan hormat,

Kami adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang Teknologi Informasi khususnya dalam pengembangan Web (Web development) dan Multimedia. Kami berkeinginan untuk memperkenalkan layanan kami kepada perusahaan Bapak.Ibu, dengan haapan akan menjalin kerjasama pada pengembangan Teknologi Informasi khususnya dalam pengembangan Web (Web Development) dan Multimedia sebagai sarana publikasi maupun promosi perusahaan Bapak/Ibu.

Besar harapan kami untuk menjalin kerjasama dengan perusahaan Bpak/Ibu. Atas perhatian dan kerjasama yang baik kami ucapkan Terima Kasih.

Hormat Kami,



Purna Tama Gunawan


Contoh Surat Resign dengan Alasan

Berikut ini merupakan salah satu contoh surat resign yang langsung ditulis dan ditujukan kepada direkturnya selaku pemilik perusahaan. Dalam contoh surat resign ini mencantum alasan kuat mengapa dia berhenti kerja.

Kepada Yth.

Direktur CV Tanah Merah

Ruko Mangga Tiga Permai

Jln. Tanah Merah No. 67

Banjarmasin, Kalimantan Selatan

Dengan Hormat,

Beserta surat ini saya yang bernama Doni Judian jabatan marketing. Terhitung mulai hari ini Senin, 28 Juni 2011 dengan berat hati saya mengundurkan diri sebagai pegawai di perusahaan Bapak. Saya mengundurkan diri karena ingin mendirikan usaha bisnis sendiri di rumah.

Hal ini dilakukan agar saya lebih maksimal dalam menggeluti bisnis ini. Untuk itu, dengan terpaksa saya keluar dari pekerjaan ini.

Saya harap Bapak menerima alasan pengunduran diri saya. Beserta surat ini pula, tidak lupa saya mohon maaf sebesar-besarnya jika selama saya bekerja di sini, ada kesalahan yang saya buat sengaja maupun tak sengaja. Demikian juga ketika ucapan saya menyinggung perasaan rekan-rekan kerja, sekali lagi saya minta maaf sedalam-dalamnya.

Tak lupa saya mengucapkan banyak terima kasih karena telah diberi fasilitas dan kemudahan selama saya bekerja di sini. Harapan saya semoga CV Tanah Merah tetap maju meraih sukses di masa depan. Walaupun saya sudah tak bergabung di sini lagi. Saya tetap mendukung kemajuan CV Tanah Merah dalam mengembangkan bisnisnya.

Hormat saya,

Doni Judian


Contoh Surat Pengajuan Beasiswa

Agar lebih jelas tentang bagaimana bentuk surat pengajuan beasiswa, berikut ini adalah contoh format suratnya.

Yogyakarta, 01 Januari 2011

Nomor : (isi dengan nomor surat)
Lampiran : (banyaknya lampiran)
Hal : Pengajuan Beasiswa

Kepada Yth.
(isi dengan pihak yang akan dituju)

Dengan hormat,
Yang bertanda tangan di bawah ini, saya:

Nama :
Tempat/tanggal lahir :
Alamat :
Fakultas :
Jurusan :
Semester :
NIM :

Dengan ini, saya mengajukan surat permohonan beasiswa dengan lampiran sebagai berikut:

1. Surat Keterangan Masih Kuliah.
2. Surat pernyataan tidak menerima beasiswa dari lembaga manapun
3. Surat keterangan tidak pernah melanggar ketertiban akademis.
4. Foto copy KTP dan KK.
5. Struk gaji orang tua terbaru.

Demikian surat pengajuan beasiswa ini saya buat. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Pemohon
(tanda tangan)


SURAT PERNYATAAN

Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama: Slamet Raharjo Djarot
Alamat: Jalan Kalibata no.37, Jakarta Pusat
Pekerjaan: Seniman

Dengan ini menyatakan bahwa alamat Facebook dengan menggunakan email memetraharjo@gmail.com adalah bukan Facebook yang saya buat dan saya pergunakan. Jadi, apabila Facebook tersebut digunakan untuk hal-hal lain, merupakan sesuatu diluar tanggung jawab saya.

Demikan surat pernyataan ini saya buat. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.

MATERAI

Rp. 6.000,-

Slamet Rahardjo Djarot



Contoh Surat Lamaran Kerja.
Cibinong, 17 Agustus 2012
Hal : Lamaran Pekerjaan

Kepada Yth.,
Manajer Sumber Daya Manusia
PT. Gilland Ganesha
Jl. Raya Kebon Durian No. 11
Jakarta Timur


Dengan hormat,
Sesuai dengan penawaran lowongan pekerjaan dari PT. Gilland Ganesha, seperti yang termuat di harian Kompas tanggal 15 Agustus 2012. Saya mengajukan diri untuk bergabung ke dalam Tim Marketing di PT. Gilland Ganesha.
Data singkat saya, seperti berikut ini.

Nama
Tempat & tgl. lahir
Pendidikan Akhir

Alamat
Telepon, HP, e-mail
Status Perkawinan : Benny Kasmanto
: Bukit Tinggi, 19 Februari 1976
: Sarjana Manajemen Universitas Islam As-Syafi'iyah (UIA) - Jakarta
(Konsentrasi Manajemen Pemasaran)
: Perum Bumi Sentosa Blok A.5 Bekasi
: 021 - 87914990, 0815 965 5695, benny_kas07@yahoo.co.id
: Menikah
Saya memiliki kondisi kesehatan yang sangat baik, dan dapat berbahasa Inggris dengan baik secara lisan maupun tulisan. Latar belakang pendidikan saya sangat memuaskan serta memiliki kemampuan manajemen dan marketing yang baik. Saya telah terbiasa bekerja dengan menggunakan komputer. Terutama mengoperasikan aplikasi paket MS Office, seperti Excel, Word, Acces, PowerPoint, OutLook, juga internet, maupun surat-menyurat dalam Bahasa Inggris.
Saat ini saya bekerja sebagai staff Marketing di PT. Hilmy Finance. Saya senang untuk belajar, dan dapat bekerja secara mandiri maupun dalam tim dengan baik.
Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan :

Daftar Riwayat Hidup.
Foto copy ijazah S-1 dan transkrip nilai.
Foto copy sertifikat kursus/pelatihan.
Pas foto terbaru.

Saya berharap Bapak/Ibu bersedia meluangkan waktu untuk memberikan kesempatan wawancara, sehingga saya dapat menjelaskan secara lebih terperinci tentang potensi diri saya.
Demikian surat lamaran ini, dan terima kasih atas perhatian Bapak/Ibu.

Hormat saya,



Benny Kasmanto



Demikian selengkapnya tentang beberapa contoh surat yang dapat kami tulis dalam artikel pendek ini melalui info loker kerja. Harapan kia semua bagi yang senang belajar surat menyurat dan membutuhkan refrensi, atau untuk kegiatan sekolah dalam menyelasaikan tugas sekolah dapat memanfaatkannya.
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top