Tips Untuk Perawatan PC

Alangkah sayangnya karena ketidaksiapan dan ketidaktahuan tentang Tips Perawatan PC atau perangkat komputer Anda agar bagaimana merawat komputer dan jangan asal pakai saja, bisa menyebabkan komputer cepat mengalami kerusakan. Padahal dengan perawatan PC yang baik akan membuat komputer kita lebih awet. Dengan begitu, kemungkinan terjadi kerusakan hardware maupun software bisa di tekan seminimal mungkin.

Untuk perawatan PC sendiri tidaklah sulit kalau kita mengetahui cara melakukannya dan mempunyai peralatan sendiri. Ketidaktahuan ini karena belum mengenal komputer dengan baik, tidak mengikuti pelatihan dasar pengenalan komponen komputer.


perawatan-pc.jpg
Ada banyak sumber pengetahuan yang bisa kita dapatkan bagaimana cara merawat PC yang baik. Bisa dari teman yang ahli komputer, buku-buku dan dari internet. Perawatan PC terbagai dalam 2 jenis bagian yaitu perawatan software dan perawatan hardware.

Perawatan software untuk mengetahui program mana yang rusak dan harus instal ulang. Sedangkan perawatan hardware di sini untuk membersihkan kotoran maupun debu yang menghambat kinerja komponen hardware komputer. Metode perawatan PC harus di lakukan sesuai prosedur yang benar supaya tidak terjadi masalah dan kesalahan yang terjadi ketika selesai melakukan perawatan.

Dalam melakukan perawatan harus berurutan dan tahu bagaimana mencopot komponen dan memasangnya kembali ketika selesai di bersihkan. Merawat komputer haruslah dilakukan secara berkala supaya terjaga dengan baik.
Peralatan yang DiButuhkan untuk Perawatan PC

Ada beberapa peralatan sederhana yang kita bisa membelinya di toko-toko peralatan elektronik atau bahkan Anda usah memilikinya sendiri di rumah. Tidak perlu membeli yang mahal, cukup yang murah asal baik bahannya. Juga berbagai software pendukung perbaikan program yang rusak. Peralatan dan juga software ini antara lain :

Peralatan untuk Perawatan PC

Hairdryer. Gunanya untuk menyemprot debu pada celah-celah hardware yang tak terjangakau oleh alat pembersih lain. Jangan gunakan mode panas karena bisa melelehkan timah perekat pada komponen.

Penyedot debu. Sediakan penyedot debu mini yang gunanya untuk menyedot debu-debu pada celah hardware. Terutama debu pada kipas prosessor dan mainboard.

Tisu dan kain bersih. Gunanya untuk membersihkan cairan yang kita semprotkan kala membersihkan casing komputer dan bagian yang tidak mengandung komponen dari.

Pembersih cair. Carilah pembersih yang mudah menguap supaya cairan tidak mengendap dan bisa mengenai komponen ketika komputer sudah dinyalakan dan berakibat konsleting.

Kuas. Digunakan untuk membersihkan debu yang menempel pada kipas, heatsink, dan komponen lainnya.

CD cleaner. Gunanya untuk membersihkan DVD ROOM yang tidak mungkin kita bersihkan secara manual.

Berbagai macam ukuran dan jenis obeng. Peralatan ini di gunakan untuk melepas dan memasang sekrup dan komponen yang di perlukan didalam komputer. Obeng ini ada berbagai macam ukuran dan bentuk mata obeng. Ada yang pipih atau plus dan bintang tergantung bentuk kepala sekrup juga komponen serupa.

Tang. Tang di sini juga ada beberapa macam model yang bisa di gunakan sesuai dengan fungsinya. Gunanya untuk memegang, menjepit maupun memotong.

Senter. Bisa digunakan senter kecil untuk melihat ke dalam komputer. Ini karena biarpun di di ruangan yang terang sekalipun belum tentu kita bsia melihat komponen tertentu.

Software Perawatan PC

Program XP Program untuk instal OS (Operating System) Windows dari Microsoft.

Linux. Program untuk instal OS yang berbasiskan Open Source. Untuk OS ini tidak banyak yang mengunakannya karena belum terlalu familiar dengan masyarakat Indonesia. Kebanyakan mereka mengunakan OS dari Microsoft.

Drive hardware. Untuk menginstal drive harware yang ada pada komputer, seperti drive VGA, soundcard, dan yang lain.

Software pendukung sistem. Program pendukung dalam sistem ini antara lain seperti software MS Office, Browser, PDF, Photoshop dan masih banyak lagi tergantung keperluan kita - info loker kerja terbaru.

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top