Tips Menulis Surat Lamaran Pekerjaan dan Contoh Lamaran Pekerjaan

Tips menulis surat lamaran pekerjaan dan contoh lamaran pekerjaan tentu saja banyak dan mudah kita dapat. Banyak tempat untuk bisa mencari contoh lamaran pekerjaan, misalnya lewat buku-buku referensi surat-menyurat maupun lewat media mesin pencari seperti Google, Yahoo, dan lain-lain. Sebenarnya, membuat surat lamaran pekerjaan bukan suatu hal yang sulit. Asalkan kita punya setidaknya satu contoh saja, maka bisa kita kembangkan menjadi kalimat-kalimat yang sesuai dengan kondisi diri kita sendiri.

Meskipun mudah, tak jarang banyak para fresh graduate yang mengeluh ketika harus membuat surat lamaran ini. Banyak di antaranya yang berdalih tidak pandai merangkai kata, takut salah, dan lain sebagainya. Tidak ada yang perlu ditakutkan dalam kegiatan membuat surat lamaran ini karena ini merupakan surat pribadi yang segala isi di dalamnya adalah kewenangan kita sebagai penulis.
contoh-lamaran-pekerjaan
Begitupun dengan rangkaian kata-katanya. Jangan berpikir sejauh ketika kita harus membuat teks pidato kenegaraan atau semacamnya. Kalimat-kalimat dalam surat lamaran sebenarnya merupakan kalimat-kalimat yang sangat sederhana, bahkan cenderung hanya itu-itu saja untuk surat lamaran yang konvensional.

Untuk menghilangkan kekhawatiran para fresh graduate ini, baiklah akan diberikan tips-tips cara membuat surat dan contoh lamaran pekerjaannya. Memang, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menulis surat lamaran pekerjaan. Hal ini dimaksudkan, jika surat lamaran kita bagus, maka kemungkinan kita akan diterima pihak perusahaan pun peluangnya semakin besar.

Tidak mungkin sebuah perusahaan akan membalas surat yang isinya adalah kalimat-kalimat yang kurang sopan. Diterimanya surat lamaran kita merupakan modal awal dulu untuk bisa ke tahap yang selanjutnya yaitu test atau wawancara. Maka, jangan sepelekan surat lamaran yang kita buat. Dan berikut adalah tips-tips nya:
1. Gunakan bahasa formal

Meskipun ini merupakan surat pribadi, tapi ingat, yang kita tuju adalah sebuah perusahaan atau instansi yang nantinya diharapkan akan mempekerjakan kita. Jangan menuliskan kata-kata gaul di dalam surat lamaran Anda. Jika Anda tidak yakin dengan kemampuan Anda menulis dalam bahasa formal, ada baiknya Anda konsultasikan dengan orang-orang yang lebih berpengalaman dibanding Anda.

Atau yang lebih praktis, bawa contoh-contoh dari buku referensi, Anda tinggal menyalinnya dan mengganti nama Anda, perusahaan yang Anda lamar, tanggal pembuatan surat, serta posisi yang ingin Anda lamar.
2. Hindari bahasa yang menyombongkan diri

Orang biasanya tidak akan senang jika berhubungan dengan orang yang suka menyombongkan diri. Meskipun Anda berasal dari keluarga kaya, bapak Anda memiliki perusahaan sendiri, Anda punya mobil, dan lain sebagainya, yang jelas saat ini Anda berada pada posisi orang yang sedang mengharapkan agar diterima kerja ditempat yang Anda tuju.

Jadi, sangat tidak bijaksana menyombongkan diri ditengah kondisi bahwa Anda membutuhkan pekerjaan yang sedang Anda lamar ini.
3. Gunakan bahasa yang singkat dan jelas

Selain bahasa formal, Anda juga tidak diperbolehkan menggunakan bahasa yang panjang lebar dan bertele-tele. Hal ini hanya akan membuat orang yang membaca surat lamaran Anda jenuh dan tidak segera menyadari apa inti dari surat yang Anda kirimkan, meskipun di sana Anda sudah mencantumkan perihal berupa surat lamaran pekerjaan. Biasanya, orang tidak akan mau menghabiskan banyak waktu hanya untuk membaca surat-surat yang tidak begitu penting isinya.
4. Gunakan bahasa yang sopan

Bukan hanya bahasa lisan saja yang harus sopan, ketika menulis suratpun kita diwajibkan untuk bertindak sopan pada orang yang kita kirimi surat, apalagi jika orang yang kita tuju ini adalah sebuah perusahaan yang kita harapkan bisa menerima kita bekerja padanya.

Bahasa yang sopan ini termasuk diantaranya tidak terdapat unsur makian, kata-kata yang menjelekkan suatu pihak, bahkan dalam hal ini jika Anda sudah pernah bekerja ditempat lain, Anda tidak boleh sekalipun menghina perusahaan lama tempat Anda bekerja. Dan juga jangan pernah ada nada ancaman. Misalnya, Anda kenal dengan pemilik perusahaan, dan hal ini Anda jadikan ancaman untuk memecat bagian personalia dalam surat Anda jika sampai tidak menerima Anda.
5. Jangan sok kenal

Meskipun Anda kenal dengan pemilik perusahaan ataupun beberapa orang yang ada di dalam perusahaan dimana Anda masukkan lamaran itu, ada baiknya Anda kemukakan secara sopan, tidak lantas sok kenal dan sok akrab.

Kemukakan saja sewajarnya, misalnya “Saya mendapat informasi lowongan yang ada pada perusahaan bapak dari Paman saya yang bekerja sebagai Staff akuntan di perusahaan Anda ini …”. Kalimat seperti ini pastinya tidak akan dianggap sok kenal oleh si penerima surat lamaran Anda.
6. Jangan menggunakan singkatan-singkatan

Hampir mirip dengan poin nomor 3, Anda tidak diperkenankan menulis banyak singkatan pada surat lamaran Anda, hal ini untuk menghindari pembaca surat menjadi pusing dengan surat yang Anda kirim.

Jika membaca saja sudah pusing, bagaimana akan melanjutkannya membaca? Contoh lamaran pekerjaan yang baik tidak mengandung banyak unsur singkatan di dalamnya kecuali yang diperlukan misalnya: Yth, Ybs, dan singkatan baku lainnya dengan kadar wajar.
7. Jangan menyebutkan gaji yang diinginkan kecuali diminta

Tidak sopan menyebutkan permintaan gaji ketika Anda melamar sebuah pekerjaan. Namun, beberapa perusahaan kadangkala membuat peraturan ini. Jika demikian, maka menyebutkan gaji diperbolehkan dalam surat lamaran Anda.

Itulah beberapa tips menulis surat lamaran, dan berikut beberapa contoh lamaran pekerjaan yang bisa Anda jadikan patokan dalam membuat surat lamaran:

Contoh Lamaran Pekerjaan :

Mataram, 10 Agustus 2012

Kepada Yth :

Bapak / Ibu Pimpinan

Toko Elektronik Star

Dengan hormat,

Berdasarkan informasi yang saya peroleh bahwa perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin saat ini memerlukan pegawai sebagai Karyawan. Oleh karena itu, saya mengajukan permohonan untuk mengisi posisi tersebut.

Saya adalah lulusan dari sebuah SMK, belum menikah, jujur, disiplin, berpenampilan menarik, bertanggung jawab, serta dapat bekerja sama dalam tim maupun individual.

Sebagai bahan pertimbangan bagi Bapak/ Ibu bersama ini saya lampirkan :

1 Lembar Foto Copy Ijazah Terakhir

1 Lembar Pas Photo 4 x 6

1 Lembar Foto Copy KTP

1 Lembar Daftar Riwayat Hidup

2 lembar Sertifikat Pendukung

Demikianlah surat lamaran pekerjaan ini saya buat dengan sebenar-benarnya, besar harapan saya untuk dapat diterima di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Atas perhatian Bapak/Ibu sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

Imam Mustafa

Contoh Lamaran Pekerjaan

Kepada Yth:

Bapak Kepala Sekolah

SMK Tunas Bangsa

Di Tempat

Dengan Hormat

Saya tertarik dengan info lowongan kerja yang ditawarkan Sekolah Bapak, oleh karena itu saya berminat untuk bekerja dan bergabung di instansi yang bapak/ibu pimpin. Berikut ini saya sertakan data diri saya :
Nama : Rahmawati
Tempat Tgl Lahir : Surakarta, 20 Januari 1985
Agama : Islam
Pendidikan : S1Pendidikan Bahasa Inggris dengan IPK 3,50
Perguruan Tinggi : Universitas Negeri sebelas Maret Surakarta
Alamat : Jl. Slamet Riyadi No. 505 Purwosari, Surakarta Telp/HP : ( 0271 ) 345678/ HP. 08187654321

Pengalaman kerja :

Staf Adm PT Loka Karya di Jogyakarta Tahun 2008

Staff Pengajar di SDN 01 Sukoharjo Tahun 2010

Demikian Biodata singkat dari saya, semoga Bapak/Ibu dapat menerima saya sebagai staff pengajar di instansi yang Bapak/Ibu pimpin.
Atas segala perhatian dan kebijaksanaannya saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat saya

Rahmawati

Demikian beberapa Tips Menulis Surat Lamaran Pekerjaan dan Contoh serta bagaimana membuat surat lamaran kerja yang baik. Meskipun sangat sederhana, dan contoh-contoh surat di atas sudah menganut ketentuan-ketentuan yang baku dari penulisan surat lamaran pekerjaan.

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top