Mengenali Perangkat Lunak Dan Perangkat Keras Pada Komputer

Perangkat komputer secara detailnya ternyata masih belum banyak diketahui oleh para pengguna komputer sendiri. Apa sebab? Kebiasaan ingin serba instanlah yang disinyalir menjadi penyebab ke"butaan"an para pengguna komputer secara umum untuk "berkenalan" dengan berbagai perangkat yang setiap harinya digunakan.


motherboard-perangkat-komputer.jpg
Harus jujur diakui bahwa kebanyakan dari kita hanya mau pakai saja tanpa ada kepedulian untuk mengenali lebih jauh tentang Perangkat Komputer apa alat yang di pergunakan. Coba tengok, bisa dipastikan hanya teknisi komputer atau para pekerja di tempat perakitan komputer saja yang tahu seluk-beluk perangkat komputer.

Secara umum, perangkat-perangkat komputer terbagi menjadi dua bagian, yakni perangkat lunak dan perangkat keras. Disini akan coba dijelaskan mengenai apa itu perangkat lunak, dan apa itu perangkat keras. Kedua perangkat itu bekerja secara bersama-sama sehingga merupakan bagian utuh dari sebuah komputer.

Perangkat Lunak

Seperti namanya “perangkat lunak” bahwa perangkat ini bersifat “lunak” dan tak kasat mata karena berupa data atau program yang diformat dan dimasukkan ke dalam sistem komputer secara digital yang diantaranya bisa termasuk sistem dokumentasi, program komputer, dan berbagai perangkat yang bisa dibaca oleh si komputer.

Perangkat lunak ini merupakan bagian yang abstrak, tidak berwujud, dan kehadirannya hanya bisa dirasakan lewat fungsi yang dipunyainya. Dan ketidakberwujudan itulah yang membedakannya secara signifikan dengan perangkat keras.

Jika kita menyebut perangkat lunak maka berbagai program bisa disebutkan sebagai berikut:

Sistem operasi atau bahasa kerennya operating system yang biasanya berguna untuk menjalankan seluruh sistem yang ada dalam komputer.

Perangkat lunak aplikasi atau application software yakni softwaresiap pakai dengan proses install di komputer. Biasanya paket aplikasi ini tidak menyatu secara alami dengan perangkat komputer yang lain karena sangat disesuaikan dengan kebutuhan, seperti, pemutar media, perangkat aplikasi perkantoran (application office), tabel hitung, dsb.

Sistem pengembangan perangkat lunak atau software development tool yang berguna untuk mengembangkan berbagai perangkat lunak yang sudah tertanam di sistem komputer. Kita bisa menyebut kompilator yang biasa digunakan untuk bahasa pemrograman.

Pengendali perangkat keras atau devide driver yang berfungsi sebagai penghubung perangkat keras sekunder dengan komputer itu sendiri. Perangkat inilah yang banyak digunakan seperti misalnya di sekolah-sekolah atau swalayan.

Perangkat lunak gratis atau free software yang bisa didapatkan secara cuma-cuma alias gretongan.

Perangkat lunak menetap atau firmware yakni perangkat lunak yang ditanam dalam jangka waktu lama dalam perangkat keras, seperti dalam roket pengendali jarak jauh, dsb.

Perangkat Keras

Selain yang lunak, tentu ada perangkat keras yang tampak wujudnya dan melindungi perangkat lunak di atas. Perangkat keras merupakan bentuk fisik komputer itu sendiri, yang terlihat secara kasat mata. Perangkat lunak dan keras ini saling terkait satu sama lainnya dan mempunyai fungsi penting untuk menjalankan sebuah sistem dalam komputer. Perangkat lunak merupakan otak dari perangkat keras.

Adapun bagian-bagian dari perangkat keras komputer adalah sebagai berikut:

Power supply, yang berbentuk kotak dan berfungsi sebagai tempat kontrol voltase dan kipas.

Papan sistem yang berfungsi tempat CPU, memory dan bagian lain untuk perangkat tambahan (slot memory, misalnya).

RAM yang merupakan tempat penyimpanan data jangka pendek.

ROM (Read Only Memory) yang merupakan tempat untuk meletakkan firmware.

Tukang kontrol penyimpanan yang fungsinya melakukan kontrol terhadap hard disk, floppy disk, CD Room dan sebagainya.

Penyimpanan dalam yang digunakan untuk menyimpan data jangka panjang, seperti misalnya hard disk dan disk array controller.

Semoga info melalui loker kerja disini bisa membantu Anda dalam mengenal berbagai perangkat yang sebetulnya setiap hari Anda gunakan dan sentuh.
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top