Fungsi Dari Surat Keterangan Bekerja

Fungsi Dari Surat Keterangan Bekerja Seperti yang sudah dijelaskanm mengenai Contoh Surat Keterangan Bekerja , sebuah contoh surat keterangan bekerja sangat dibutuhkan untuk mendukung persyaratan administrasi tertentu. Oleh karena itu, kita juga harus mengetahui fungsi dari surat keterangan tersebut pada setiap kasus yang berlaku.

a. Sebagai Persyaratan Masuk Perguruan Tinggi Kelas Karyawan
Beberapa perguruan tinggi biasanya membuka jadwal perkuliahan khusus untuk kelas karyawan. Jadwal yang digunakan biasanya hari Sabtu dan Minggu sehingga jadwal kerja para karyawan tidak bentrok atau tidak terganggu oleh jadwal perkuliahan.

Untuk menjadi mahasiswa kelas karyawan, beberapa perguruan tinggi akan meminta contoh surat keterangan bekerja sebagai bukti serta kelengkapan syarat administrasi yang membuktikan bahwa calon mahasiswa tersebut memang seorang karyawan yang tidak bisa melakukan perkuliahan pada hari biasa.

Pada kasus seperti ini, surat keterangan bekerja biasanya hanya melampirkan nama dari karyawan yang mencalonkan diri sebagai mahasiswa serta nama perusahaan tempat di mana ia bekerja.

Surat keterangan bekerja tersebut kemudian dilampirkan bersamaan dengan persyaratan administrasi lainnya saat calon mahasiswa melakukan registerasi ulang masuk perguruan tinggi yang dituju.

b. Sebagai Syarat Aplikasi Beasiswa
Beberapa perguruan tinggi, baik di dalam negeri maupun di luar negeri, biasanya mewajibkan para pelamar beasiswa untuk menyertakan contoh surat keterangan bekerja sebagai bagian dari syarat administrasi untuk mendapatkan beasiswa.

Beberapa perguruan tinggi atau perusahaan yang mengeluarkan beasiswa tersebut malah mewajibkan para pelamarnya untuk memberikan keterangan bahwa pelamar telah bekerja sekurang-kurangnya selama dua tahun.

Namun, ada juga yang memberikan syarat pengalaman bekerja selama lima tahun pada pelamar beasiswanya.

Untuk memenuhi persyaratan tersebut, pelamar diwajibkan untuk menyertakan surat keterangan bekerja atau surat keterangan pernah bekerja di perusahaan yang bersangkutan.

Selain perguruan tinggi, ada juga perusahaan yang memberikan fasilitas beasiswa prestasi bagi anak-anak para karyawan yang bekerja di perusahaan tersebut. untuk mendapatkan beasiswa itu, para karyawan di perusahaan tersebut diwajibkan menyertakan surat keterangan bekerja dalam aplikasinya.

Format yang dibutuhkan biasanya meliputi nama pelamar, nama perusahaan, besarnya gaji yang didapatkan di perusahaan tersebut, serta berapa lama ia bekerja di perusahaan tersebut.

c. Syarat Pengajuan Kredit
Baik pengajuan kredit ke bank, koperasi, maupun kepada perusahaan leasing, pengaju wajib menyertakan surat keterangan bekerja dengan struk gaji terakhir yang didapatkannya.

Hal tersebut wajib dipenuhi sebagai bukti serta jaminan bahwa pihak calon peminjam dianggap mampu membayar, mencicil, dan melunasi biaya yang dikreditkan oleh pihak perusahaan.

Oleh karena itu, contoh surat keterangan bekerja tersebut wajib disertakan beserta persyaratan administrasi lainnya saat hendak melakukan pengajuan kredit terhadap perusahaan penyedia dana kredit.

d. Pengganti Syarat Lain dalam Pengajuan Dokumen Negara
Untuk mendapatkan KTP, Kartu Keluarga, atau kartu identitas lainnya, kita diwajibkan untuk menyertakan surat keterangan bekerja sebagai bukti nyata bahwa kita memang pantas untuk mendapatkan kartu identitas yang diminta tersebut.

Jika syarat yang diminta tidak terpenuhi, seperti surat pindah dari tempat asal serta dokumen-dokumen lainnya, maka surat keterangan bekerja bisa menjadi pengganti syarat tersebut sehingga kita tetap bisa mendapatkan kartu identitas sementara tanpa harus memberikan surat pindah dari tempat asal.

e. Syarat Pengajuan Lamaran pekerjaan
Seperti yang sudah disebutkan di atas, beberapa perusahaan besar biasanya akan meminta keterangan dari perusahaan yang sebelumnya ditempati oleh calon pegawai baru.

Surat keterangan bekerja tersebut dibutuhkan untuk menentukan kejelasan status calon pegawai ; apakah pegawai yang bersangkutan memang sudah tidak bekerja di perusahaan lama atau tidak?

Hal tersebut dijadikan sebagai salah satu syarat bagi para pelamar pekerja karena ada juga calon pekerja yang memberlakukan sistem untung-untungan saat melamar pekerjaan. Misalnya saja, ia masih bekerja di perusahaan A, namun melamar ke perusahaan B dengan harapan mendapatkan gaji yang lebih besar dari perusahaan sebelumnya.

Oleh karena itulah, pihak perusahaan berusaha mengantisipasi tindakan seperti itu dengan mewajibkan para pelamar untuk menyertakan surat keterangan bekerja atau surat keterangan pernah bekerja di perusahaan sebelumnya.

Format yang dibuat dalam surat keterangan bekerja tersebut biasanya meliputi nama pelamar, nama perusahaan tempat ia pernah bekerja, status jabatan di perusahaan sebelumnya, gaji terakhir yang didapatkan, serta sudah berapa lama ia bekerja di perusahaan tersebut.

Jika calon pegawai tersebut memiliki prestasi di perusahaan, maka perusahaan yang bersangkutan akan memberikan lampiran berupa laporan prestasi kerja yang telah diraih oleh calon pegawai tersebut sehingga surat keterangan tersebut juga bisa dijadikan rekomendasi untuk diterima di perusahaan yang sekarang dituju.

Itulah sekilas mengenai fungsi dari surat keterangan bekerja ataupun surat keterangan kerja yang semoga bermanfaat. Dapatkan info lainnya melalui info loker kerja

Bagikan :
+
Previous
Next Post »
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top